Kamis, 23 Juni 2011

PERENCANAAN LOKASI YANG STRATEGIS DAN TEPAT


Perencanaan lokasi yang tepat dan strategis akan berdampak positif bagi jalannya usaha dan perputaran ekonomi yang sehat bagi pemilik usaha. Perencanaan lokasi harus dipikirkan secara matang dengan memilih lokasi pabrik atau tempat usaha yang ideal. Karena pemilihan lokasi pabrik adalah keputusan yang sangat penting dan kesalahan yang dibuat tidak mungkin dengan segera dapat dikoreksi tanpa kehilangan investasi yang sudah terlanjur dilaksanakan serta tambahan investasi yang diperlukan untuk mencari alternatif lokasi di tempat lain. Untuk mendapatkan lokasi yang ideal para perencana lokasi harus menganalisis lokasi tersebut secara terperinci.
Jenis usaha juga menentukan perencanaan lokasi yang strategis dan tepat. Misalnya jenis usaha yang bergerak pada usaha jasa, maka penentuan lokasi yang strategis dan tepat adalah pada pusat kota yang daerahnya yang padat penduduk, jadi jenis usaha jasa ini lebih mendekati konsumen atau segmentasi pasar yang baik. Dan kalau jenis usaha itu adalah usaha manufaktur banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha atau produsen, muali dari segi lingkungan hingga transportasi untuk menuju pasar atau konsumen.
Ada 3penentuan lokasi yang tepat dan strategis :
Menentukan daerah
Dalam penentuan daerah ini para pemilik usaha harus memikirkan baik-baik daerah mana yang tepat bagi usaha yang sedang mereka jalankan dan menganalisa banyak daerah sehingga mampu memberikan referensi yang tepat bagi pemilik usaha untuk merencanakan lokasi yang strategis dan tepat.
Menentukan lingkungan masyarakat dan lingkungan alam untuk ditentukan secara rinci
Tujuan menentukan lingkungan masyarakat dan lingkungan alam untuk mengetahui bagaimana sikap dan keadaan masyarakat dan juga lingkungan yang akan didirikan pabrik atau usaha, supaya penentuan lokasi dapat berjalan secara optimal.
Memilih lokasi yang baik
Alternatif penentuan dapat diklasifikasikan ke dalam daerah di Kota
Besar (city location), di pinggiran kota (suburban location), dan jauh diluar kota (country location). Kecenderungan penentuan lokasi pabrik yang ada sekarang ini, banyak yang mendesentralisasikan operasional mereka dan memilih lokasi pabrik dipinggiran kota atau jauh dari kota terutama perusahaan besar yang memerlukan ruangan yang besar untuk bangunan, tempat parkir maupun kebutuhan fasilitas lainnya.

Faktor-faktor yang tepat juga akan sangat membantu untuk perencanaan lokasi yang tepat. Inilah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi lokasi :
Lingkungan masyarakat
Sumber daya manusia
Sumber daya alam
Pasar
Pengangkutan
Pembangkit tenaga
Lahan untuk perluasan
Faktor-faktor ini sangat penting karena saling berhubungan dan juga berperan penting bagi jalannya perencanaan usaha maupun produksinya. Bila seorang perencana lokasi melupakan salah satu faktor saja, maka akan berdampak langsung pada kegiata usaha atau pabrik. Jadi perencana lokasi harus memikirkan baik-baik faktor tersebut dan harus saling mengkorelasikan dengan lokasi yang tepat dan strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar